MAKALAH STANDAR KOMPETENSI DA KOMPERENSI DASAR

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Dalam tiap jenjang pendidikan pasti ada standar kompetensi dan  kopetensi dasar karena untuk mengetahui materi apa saja yang akan dipelajari dan tujuan apa saja yang harus dicapai sehinnga mudah karena dan merupakan program yang telah terstruktur dalam tiap sekolah.
Di mana dari standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat mengetahui kemampuan, keterampilan hasil pembelajaran dan juga dijadikan tolak ukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu pokok bahasan atau mata pelajaran tertentu.
Oleh karena itu, sangat penting sekali adanya standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pendidikan karena sebagai patokan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Rumusan Masalah
Apakah pengertian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar?
Jelaskan perbedaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar!
Tujuan
Untuk mengetahui pengertian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Untuk mengetahui perbedaan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar









BAB II
PENDHULUAN

Pengertian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Pengertian Standar Kompetensi
Standar Kompetensi mata pelajaran adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu pula. Menurut Abdul Majid Standar Kompetensi merupakan kerangka yang menjelaskan dasar pengembangan program pembelajaran yang terstruktur. Pada setiap mata pelajaran, standar kompetensi sudah ditentukan oleh para pengembang kurikulum muatan lokal, maka perlu dirumuskan standar kompetensinya sesuai dengan nama mata pelajaran dalam muatan lokal tersebut.
Menurut definisi tersebut, Standar Kompetensi mencakup dua hal yaitu Standar Isi (Content Standards), dan Standar Penampilan (Performance Stand-dards). Standar Kompetensi yang menyangkut isi berupa pernyataan tentang pengetahuan sikap dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran tertentu seperti Kewarganegaraan, Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Standar Kompetensi yang menyangkut tingkat penampilan adalah pernyataan tentang kriteria untuk menentukan tingkat pengusaan peserta didik terhadap Standar Isi.
Dari uraian tersebut dapat dikemukakan bahwa Standar Kompetensi memiliki dua penafsiran yaitu:
Pernyataan tujuan yang menjelaskan apa yang harus diketahui peserta didik dan kemampuan melakukan sesuatu dalam mempelajari suatu mata pelajaran.
Spesifikasi skor atau peringkat kinerja yang berkaitan dengan kategori pencapaian seperti lulus atau memiliki keahlian.
Standar Kompetensi merupakan kerangka ynag menjelaskan dasar pengembangan program pembelajaran yang terstruktur. Standar Kompetensi juga merupakan fokus dari penilaian, meskipun kurikulum lebih banyak berisi tentang dokumen pengetahuan, keterampilan dan sikap dari pada bukti-bukti untuk menunjukkan bahwa peserta didik yang akan belajar memiliki pengetahuan dan keterampilan awal. Dengan demikian Standar Kompetensi diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan, mengorganisasikan agar pekerjaan dapat dilaksanakan, melakukan respon dan reaksi yang tepat bila ada penyimpangan dari rancangan semula, melaksanakan tugas dan pekerjaan dalam situasi dan kondidsi yang berbeda.
Pengertian Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswauntuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar.
Menurut definisi tersebut, Standar Kompetensi mencakup dua hal yaitu Standar Isi (Content Standards), dan Standar Penampilan (Performance Stand-dards). Standar Kompetensi yang menyangkut isi berupa pernyataan tentang pengetahuan sikap dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran tertentu seperti Kewarganegaraan, Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Standar Kompetensi yang menyangkut tingkat penampilan adalah pernyataan tentang kriteria untuk menentukan tingkat pengusaan peserta didik terhadap Standar Isi.
Dari uraian tersebut dapat dikemukakan bahwa Standar Kompetensi memiliki dua penafsiran yaitu:
Pernyataan tujuan yang menjelaskan apa yang harus diketahui peserta didik dan kemampuan melakukan sesuatu dalam mempelajari suatu mata pelajaran.
Spesifikasi skor atau peringkat kinerja yang berkaitan dengan kategori pencapaian seperti lulus atau memiliki keahlian.
Standar Kompetensi merupakan kerangka ynag menjelaskan dasar pengembangan program pembelajaran yang terstruktur. Standar Kompetensi juga merupakan fokus dari penilaian, meskipun kurikulum lebih banyak berisi tentang dokumen pengetahuan, keterampilan dan sikap dari pada bukti-bukti untuk menunjukkan bahwa peserta didik yang akan belajar memiliki pengetahuan dan keterampilan awal. Dengan demikian Standar Kompetensi diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan, mengorganisasikan agar pekerjaan dapat dilaksanakan, melakukan respon dan reaksi yang tepat bila ada penyimpangan dari rancangan semula, melaksanakan tugas dan pekerjaan dalam situasi dan kondidsi yang berbeda.

Perbedaan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar
Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah pernyataaan umum tentang kompetensi yang seharusnya dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pemebalajaran, karena pernyataan ini bersifat umum maka masih sulit untuk diukur keberhasilannya.
Standar Kompetensi adalah seperangkat kompetensi dalam setiap aspek materi pokok tertentu dalam satuan pendidikan, merupakan kompetensi bidang pengembangan dan materi pokok per satuan pendidikan  per satuan kelas yang harus dicapai peserta didik selama satu semester.
Kompetensi dasar
Kompetensi Dasar adalah kompetensi yang lebih spesifik dan dalam bentuk yang dapat diukur yang menggambarkan apa yang akan diketahui atau akan dapat dilakukan sebagai hasil dari keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran.
Kompetensi Dasar adalah rincian Kompetensi dalam setiap aspek materi pokok yang harus dilatihkan kepada peserta didik sehingga kompetensi dapat diukur dan diamati. Kompetensi Dasar sebaiknya dilakukan perbaikan dan pengayaan guna memenuhi kegiatan pasar.






BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Pengertian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi mata pelajaran adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu pula. Menurut Abdul Majid Standar Kompetensi merupakan kerangka yang menjelaskan dasar pengembangan program pembelajaran yang terstruktur.
Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswauntuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar.
Perbedaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi adalah pernyataaan umum tentang kompetensi yang seharusnya dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pemebalajaran, karena pernyataan ini bersifat umum maka masih sulit untuk diukur keberhasilannya.
Kompetensi Dasar adalah kompetensi yang lebih spesifik dan dalam bentuk yang dapat diukur yang menggambarkan apa yang akan diketahui atau akan dapat dilakukan sebagai hasil dari keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran.
Saran
Dalam penulisan makalah ini masih mempunyai sumber yang masih terbilang sedikit karena keterbatasan dari penulis dan terbatasnya sumber yang tersedia. Dalam penulisan makalah ini juga mungkin banyak terdapat kesalahan atau jauh dari kata sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah swt. Jadi kami meminta saran kepada kepada para pembaca untuk makalah kami selanjutnya dan semoga makalah ini dapat menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca.
Makalah ini disusun dengan tujuan agar dapat menjadi tolak ukur kemampuan penulis dan agar dapat diberikan kesempurnaan makalah penulis selanjutnya dan dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang ingin menuntut ilmu.

























DAFTAR PUSTAKA
Dewi, Nur, Merancang pencapaian Kompetensi Dasar melalui perumusan Indikator, Artikel E-buletin, 2015.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Ulfa Hidayah, dkk, Konsisitensi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan kurikulum  2013 siswa kelas X MAN PATAS, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.5 (3), 2013.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ALAT PERAGA

Makalah Teori Adam Smith